Riset Pemarasan

nama:riska novita j

kelas:3ea04

npm:11208072

Defenisi Pemasaran :

Pemsaran merupakan sekumpulan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi dan juga merupakan proses social.

Karenanya, ada 2 defenisi pemasaran : mikro dan makro

Pemasaran Mikro :

Merupakan kegiatan mencapai sasaran organisasi, dengan mengantisipasi kebutuhan pelanggan dan mengarahkan arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen ( pelanggan ).

Fokus :

pelanggan dan organisasi yang melayani pelanggan : organisasi laba ( perusahaan bisnis ) dan nirlaba ( yayasan ).

Pemsaran Makro :

Merupakan proses social yang mengarahkan arus barang dan jasa dari prosudusen ke konsumen yang secara efektif menesuaikan pemasaran dan permintaan.

Fokus :

Bagaimana keseluruhan system pemasaran bekerja.

Riset Pemasaran :

Merupakan kegiatan penelitian untuk memperoleh informasi yang dapat dipercaya, dengan menggunakan bauran pemasaran ( price, place , produk, promotion ) yang dibutuhkan oleh pengambil keputusan.

Maka Riset Pemasaran merupakan fungsi :

Pemasar               Riset Pemasaran ( 4P )               Pelanggan

Informasi

Perusahaan dapat memiliki riset sendiri atau meminta pihak luar yang melakukan.

Notes :

Informasi dikatakn bernilai, jika informasi dapt digukan untuk mengambil keputusan.

Informasi dikatakn berguna jika :

  • Relevan
  • Tepat waktu
  • Realistis
  • Akurat

Proses Riset Pemasaran :

    1. merumuskan masalah dan sasaran riset
    2. mengembangkan rencana untuk memperoleh informasi
    3. implementasi rencana riset dan analisis data
    4. interpretasi dan melaporkan hasil temuan

Keterangan :

1)      merumuskan masalah dan sasaran riset :

manager dan peneliti harus hati – hati merumuskan masalah . Manager butuh info sedangkan peneliti mencari info.

Pernyataan masalah dan sasaran menjadi pedoman.

2)      Mengembangkan rencana riset :

mengumpulkan informasi sekunder : internal / eksternal.

mengumpulkan informasi primer : observasi , survey , eksperimen.

3)      Implementasi rencana riset :

Mengumpulkan , mengolah , menganalisis informasi.

4)      Interpretasi dan laporan hasil temuan :

Melaporkan kepada managemen.

Notes :

Informasi itu mahal, tetapi mengurang resiko.

  • Kapan mencakup besarnya biaya untuk memperoleh informasi.
  • Terkadang survey / eksperimen terlalu lama / terlalu mahal.
  • Sering terjadi perubahan.

Sumber :

Buku Sistem Informasi Pemasaran ,

Buku Ekonomi Mikro Univ. gunadarma,

Fotocopy-an materi mata kuliah manajemen pemasaran semester 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: