Segmentasi Pasar Bisnis

nama:riska novita j

kelas:3ea04

npm:11208072

  • Sementasi Pasar :

Dalam hal ini pengertian pasar ialah : organisasi yang menjual ke pasar kosumen dan pasar industri mengakui bahwa, mereka tidak dapat menarik semua pembeli di pasar tersebut, pembeli terlalu banyak, terlalu tersebar luas, terlalu bervariasi dalam kebutuhan dan kebiasaan membeli.

Daripada mencoba untuk bersaing di seluruh pasar, setiap perusahaan harus menentukan pasar mana yang dapat dilayani.

  • Segmentasi Pasar Bisnis ( Industri )

Pemasar bisnis menggunakan banyak variable yang sama dengan pasar konsumen untuk mensegmentasi pasar.

Namun pemasar bisnis harus menentukan pelanggan mana yang ingin dilayani, hanya beberapa segmen pasar ( bukan seluruh pasar ).

  • Syarat Segmentasi yang Efektif

a)      Bermanfaat

b)      Dapat dijangkau

c)      Cukup besar ( dalam perolehan laba )

d)      Dapat dilaksanakan

  • Menetapkan Posisi untuk Keunggulan Bersaing

Cara produk ditetapkan oleh konsumen berdasarkan atribut penting, merupakan posisi sebuah produk dalam ingatan konsumen berkaitan dengan produk lainnya.

  • Strategi Menetapkan Posisi

1)      Identifikasi Keunggulan Bersaing yang mungkin :

  1. Dalam hal : differensiasi produk
  2. Dalam hal : differensiasi pelayanan untuk kemudahan konsumen dalam memperoleh produk
  3. Dalam hal : differensiasi personil ( pelayanan seperti : keramahan, sikap bersahabat karyawan kepada pelanggan )

2)      memilih keunggulan bersaing yang tepat :

a)      berapa banyak perbedaan dipromosikan

b)      perbedaan mana yang harus dipromosikan

c)      mengkomunikasikan posisi yang dipilih : setelah memilih 1 posisi, perusahaan harus mengambil langkah – langkah untuk menyampaikan posisi tersebut kepada pelanggan sasaran. Bukan hanya bicara, melainkan tindakan nyata.

Nb : perlu diingat, perusahaan harus menghindari perubahan mendadak yang adalah membingungkan pelanggan.

Sumber :

Buku Sistem Informasi Pemasaran ,

Buku Ekonomi Mikro Univ. gunadarma,

Fotocopy-an materi mata kuliah manajemen pemasaran semest

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: