Pembalakan Liar di Indonesia BI 2 Softskill 2011

Hutan adalah suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang berisi antara lain pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur dan lain sebagainya serta menempati daerah yang cukup luas. Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kawasan hutan yang sangat luas.

Hutan di Indonesia sangat berperan penting dalam kelangsungan hidup satwa dan puspa yang ada di dalamnya. Selain itu, keberadaan hutan di Indoneisa ini juga berfunsgi untuk melestarikan beraneka ragam potensi satwa dan puspa di Indoensia.

Penebangan liar hutan di Indonesia sebagai bentuk eksploitasi terhadap kekayaan sumberdaya alam yang sudah berlangsung lama, tanpa disadari.  Tanpa kita sadari, Indonesia tengah melakukan eksploitasi terhadap sumberdaya hutannya. Dan selama 30 tahun proses eksploitasi hutan nasional, justru terjadi peningkatan sejak era otonomi,

Penebangan kayu secara ilegal dapat berjalan lancar karena didukung oleh modal yang kuat, tersedianya peralatan kerja dan tenaga kerja yang mudah didapat serta dilindungi oknum aparat, pejabat, dan lemahnya pengamanan polisi kehutanan di lapangan.

Hyahhhh…!!!!!!

seperti yang sudah kita ketahui selama ini, bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya hutan bagi ekosistem yang ada itu sangatlah kurang . seharusnya tidak hanya masyarakat sekitar hutan saja yang peduli tetapi semua warga negara Indonesia. Karena jika kegiatan eksploitasi hutan dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan yang parah.

Sepatutnya kita sebagai warga negara yang peduli akan sumber daya alam yang ada jika ingin melakukan penebangan pohon perlu juga dilakukan rehabilitasi atau reboisasi agar hutan tetap terjaga kelestariannya.

Jika rehabilitasi tersebut tidak dapat dilakukan maka hutan Indonesia, yaitu yang berada di dataran rendah diperkirakan akan habis.

Akibat lebih lanjut dari hilangnya fungsi hutan adalah banyak terjadi banjir, tanah longsor, turunnya mutu tanah, perambahan hutan yang berakibat semakin menyempitnya areal hutan, berkurangnya pendapatan masyarakat disekitar hutan, dan dampak selanjutnya adalah berkurangnya kemampuan biosfer menyerap CO2 yang berakibat pada penambahan tinggi suhu dipermukaan bumi atau sering disebut sebagai pemanasan global, sehingga tidak menempatkan lagi hutan sebagai paru-paru dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: