apakah krisis moneter di tahun 1998 akan terjadi lagi di tahun 2012??? BI 2 softskill 2011

menurut para ahli ekonomi Amerika, tahun 2008 telah terjadi Krisis
Ekonomi Global, dan China dipuji setinggi langit, dengan sistem komunisnya mampu mengatasi Krisis yang terjadi lebih canggih dari Amerika yang jagoan demokrasi dan kapitalis sejati? Jadi yang benar krisis apa yang telah terjadi tahun 2008 ? Terus tahun 2012 nanti akan terjadi krisis apa lagi?

diungkap Harpel Professor of Capital Formation and Growth Harvard
University Jeffrey Frankel yaitu siklus (krisis) terjadi dalam periode 15 tahun sekali. Dan bila berdasarkan itu, kita akan menghadapi krisis kembali pada 2012. Ia menekankan agar negara-negara emerging market mewaspadai adanya potensi hal
tersebut. Pasalnya, kecenderungan krisis ekonomi terjadi kerap berhubungan
dengan derasnya aliran dana asing (capital inflow) ke negara berkembang.

Berdasarkan data yang dipaparkannya, kiris pertama kali terjadi pada tahun 1982 akibat capital inflow yang terjadi selama 6 tahun (1975-1981) sedangkan krisis kedua terjadi di Asia pada tahun 1997, dengan capital inflow yang juga terjadi
selama 6 tahun (1990-1996).

Karenanya jika melihat data tersebut dia mengkhawatirkan akan adanya krisis global di 2012, mengingat arus modal asing tersebut sudah mulai masuk sejak
2003.

Selain itu, ia melihat bahwa laju inflasi pada sebagian besar negara-negara
berkembang mulai memberi tekanan terhadap kondisi ekonomi masing-masing negara. “India, China, Indonesia, dan Singapura terancam overheating,” ujarnya.

Dengan demikian, ia menghimbau agar negara-negara emerging market termasuk Indonesia untuk tetap mewaspadai kemungkinan adanya potensi tersebut. “Caution selalu menjadu pilihan yang tepat,” jelasnya.

Sebagai informasi, berdasar data Institute of International Finance (IIF) yang
disampaikan oleh Direktur Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, besar capital inflows yang akan masuk ke emerging marketAsia mencapai sekitar US$400 miliar, yang diantaranya sekitar US$13-15 miliar akan masuk ke Indonesia.

Dikuatirkan kalau pemerintah dan rakyat kita tidak siap mengantisipasi gejolak ini bisa terjadi krispan (krisis pangan) bukan krismon lagi (krisis moneter). Mumpung belum parah sebaiknya dicegah jangan sampai terjadi atau kalau terjadi dampaknya kecil dan semoga bangsa dan negara Indonesia selamat dari cobaan besar kedua ini yang kemungkinan akan lebih besar skalanya krn lebih global dibandingkan krismon Asia 1998.

ref:

inilah.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: